Kiat Mudah Mengatasi Stres saat Macet

Home / Gaya Hidup / Kiat Mudah Mengatasi Stres saat Macet
Kiat Mudah Mengatasi Stres saat Macet Ilustrasi.

TIMESPURWAKARTA, JAKARTA – Kemacetan memang menyebabkan stres, kemarahan, dan kecemasan. Bukan saja Anda yang mengalaminya. Hal ini juga dialami pengendara lain yang berada di kanan kiri kendaraan Anda. Menghabiskan berjam-jam di jalanan dapat menguras kesehatan dan kebahagiaan Anda. Lalu, bagaimana mengatasi stres saat macet?

Melansir dari Hello Sehat, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mengendalikan stres karena macet.

1. Selalu waspada

Cobalah mengubah aspek pemikiran saat berkendara. Anda bisa melakukan peringatan pengendara lain, misal melalui klakson. Jangan ambil pusing pengendara lain di depan Anda.

2. Jadikan kemacetan sebagai kesempatan

Bila kemacetan biasanya membuat Anda jadi stres, coba ibaratkan kemacetan tempat me time untuk Anda. Misalnya, sebagai waktu rileks untuk beristirahat atau kesempatan menyetel lagu dan radio favorit.

3. Ubah perilaku

Beberapa kalimat ibarat mantra untuk diri di jalan. Bila kesal, cobalah untuk mengatakan pada diri sendiri, “kemacetan ini bukan salah pengendara lainnya kok”, “mungkin saja mereka ngebut karena harus ada urgensi. Bisa jadi mereka harus buru-buru ke rumah sakit”.

4. Tarik napas panjang, hembuskan

Jangan sampai kemacetan menyebabkan stres. Marah pun tak memberi solusi jalanan jadi lancar. Oleh karenanya, tenangkan diri dengan menarik napas dan menghembuskan perlahan. Teknik ini bisa membuat Anda jadi lebih rileks.

5. Senyum saja

Saat kemacetan, cobalah untuk tersenyum, cara ini mampu mengurangi tingkat respon tubuh terhadap stres. Mungkin saja ada hal lucu di sekitar kemacetan. Setidaknya jadikan hal itu hiburan untuk Anda.

6. Pasrah untuk hindari kecemasan

Tak sedikit pengendara saling memburu waktu di jalanan. Tetapi ketika Anda sudah terlambat, sementara jalanan macet, santailah saja. Pasrah dan nikmati perjalanan, buang jauh-jauh pikiran cemas. Terkadang pikiran menjadi hakim bagi diri kita sendiri. Hal ini memicu Anda mudah stres di jalanan.

Itulah enam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres saat macet. Selalu bersikap tenang dan hindari emosi saat berkendara agar tidak terjadi hal buruk seperti kecelakaan pada Anda. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com