TKI dan Pemudik, Penyumbang Terbesar Kasus Covid-19 di Indramayu

Home / Berita / TKI dan Pemudik, Penyumbang Terbesar Kasus Covid-19 di Indramayu
TKI dan Pemudik, Penyumbang Terbesar Kasus Covid-19 di Indramayu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara. (Foto: Siti Raudiatul Nadiyah/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESPURWAKARTA, INDRAMAYU – TKI dan pemudik menjadi penyumbang terbesar kasus covid-19 di Kabupaten Indramayu. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara.

Deden menguraikan, berdasarkan data yang ada, para pemudik menyumbang 85,71 persen dari total 21 PDP per 1 April 2020 di Kabupaten Indramayu. "Secara garis besar kebanyakan dari Jakarta," ujarnya, Senin (6/4/2020).

Karena hal ini, ia meyakini tepat bagi masyarakat untuk menunda mudik ke Indramayu karena berpotensi menularkan virus corona, terutama kepada keluarga di kampung halaman.

Ditambahkan Deden, berdasarkan jenis pekerjaan, para perantau banyak yang bekerja sebagai supir, pegawai toko, pembantu rumah tangga hingga pekerja hiburan malam.

"Majikannya tidak kemana-mana atau pemilik usahanya tidak buka jadi tidak bisa bayar juga atau majikannya itu ODP jadi dia dipulangkan," tuturnya.

Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Indramayu, disebutkan Deden, mayoritas disumbangkan oleh para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke tanah air, khususnya wilayah Indramayu.

Tercatat selama awal April 2020 saja, PMI menyumbangkan sebanyak 52,82 persen dari total 195 ODP di wilayah Indramayu. Dalam hal ini Deden mengambil langkah pasti dengan berkoordinasi bersama pihak stasiun maupun terminal yang ada di Kabupaten Indramayu.

Selanjutnya sesampainya mereka di Indramayu, baik di stasiun maupun terminal, akan langsung dilakukan screening, termasuk pengecekan kesehatan dan pendataan diri para pemudik. "Ini harus jadi perhatian kita, karena banyaknya pendatang terutama dari zona merah (Covid-19)," tegasnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com