Ada Satu Wabah Penyakit Menular Setiap 100 Tahun

Home / Berita / Ada Satu Wabah Penyakit Menular Setiap 100 Tahun
Ada Satu Wabah Penyakit Menular Setiap 100 Tahun Ilustrasi.
Fokus Berita

TIMESPURWAKARTA, JAKARTA – Umat manusia di dunia hari ini sedang mengalami kegelisahan. Kegelisahan yang disebabkan karena adanya satu wabah penyakit menular bernama Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona.

Data terakhir, 26 Maret 2020 sudah lebih dari 18.589 orang di dunia meninggal. Namun ternyata sejarah mencatat, setiap 100 tahun sekali ada satu wabah penyakit yang muncul.

Wabah Bubonik atau Sampar

Pada tahun 1720 kota Marseille, Prancis dilanda sebuah wabah yang berhasil menewaskan lebih dari seratus ribu warganya.

Wabah sampar secara signifikan langsung berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi Prancis. Marseille kembali berangsur-angsur pulih setelah 25 tahun kemudian.

Wabah Kolera

Pada tahun 1820 di India mewabah sebuah penyakit bernama Kolera. Dalam waktu singkat Kolera kemudian menyebar ke hampir semua negara di Asia tak terkecuali Indonesia.

Di seluruh Asia terhitung lebih dari 100.000 meninggal akibat Kolera. Di Indonesia sendiri seorang pegawai kolonial menulis dalam buku hariannya, “Ada hari-hari ketika di Batavia terdapat 160 orang mati (akibat kolera). Mereka mengalami kejang-kejang hebat, dan meninggal dunia beberapa saat kemudian.”

Dalam buku Sejarah Pemberantasan Penyakit di Indonesia yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan, penyakit kolera mulai masuk pada tahun 1821. Penyakit ini menyerang pencernaan yang mengakibatkan penderitanya muntah-muntah dan buang air besar yang sangat mengerikan. 

Wabah Flu Spanyol

Dua tahun setelah Perang Dunia I usai, tepatnya pada tahun 1920 terjadi wabah Flu yang disebut Flu Spanyol. Flu Spanyol yang berasal dari virus flu H1N1 yang telah mengalami mutasi genetikal itu ternyata merenggut lebih banyak nyawa ketimbang Perang Dunia I.

500 juta orang di seluruh dunia terinfeksi, termasuk mereka yang tinggal di Kutub Utara. Sampai saat ini, wabah Flu Spanyol merupakan yang terganas. Sebab virus H1N1 dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan mematikan. Kondisi kelayakan rumah sakit saat itu yang buruk diperparah dengan kasus kekurangan gizi.

Wabah Corona

Wabah yang pertama kali menyebar di Wuhan, Tiongkok ini menjadi cobaan bagi segenap manusia yang hidup di tahun 2020. Tak peduli negara berkembang atau maju, semua dibuat kelimpungan dengan hadirnya penyakit baru ini. Amerika Serikat sebagai negara adidaya dengan segala teknologinya juga tak kuasa membendung wabah corona.

Virus Corona bahkan tak segan-segan hinggap di tubuh mereka para pejabat tinggi negara. Rabu, (25/3/2020) protokol kesehatan Kerajaan Inggris kebobolan. Pangeran Charles dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Berdasarkan empat catatan sejarah di atas dapat disimpulkan bahwasannya telah terjadi suatu wabah di setiap 100 tahun bumi berputar, yakni 1720, 1820, 1920 dan 2020. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com